Tentang Kami

Posted on by

SEJARAH JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Program Studi Kesehatan Lingkungan Surabaya pada awalnya merupakan institusi pendidikan bernama Akademi Penilik Kesehatan. Pendidikan Akademi Penilik Kesehatan juga merupakan lanjutan historis dari sistem pendidikan kesehatan, yang disebut ” Kursus Controleur Volks Gezondsheid” dijaman penjajahan Belanda mulai tahun 1920, yang kemudian setelah Indonesia Merdeka tahun1945, sempat berhenti untuk beberapa tahun lamanya.

Setelah kemerdekaan, baru pada tahun 1949, ditengah-tengah revolusi fisik sempat dibuka dan dikembangkan kembali sebagai “Sekolah Kontroler Kesehatan “ di Jakarta. Pada tahun 1952 lama pendidikannya kemudian diperpanjang menjadi 2 tahun.

Tahun 1954 ditingkatkan menjadi Akademi Kontrolir Kesehatan yang dikukuhkan melalui SK Kementrian PDK Nomor : 66835/DKPT/D dimana lulusannya diakui untuk menggunakan gelar Sarjana Muda Kesehatan (B.Sc)

Tahun 1958 terjadi perubahan nama institusi menjadi Akademi Penilik Kesehatan, dan tahun 1961 lahirlah Akademi Penilik Kesehatan di Surabaya, sebagai akademi kedinasan kedua di Indonesia.

Tahun 1977, dengan adanya kebijaksanaan baru dari PUSDIKNAKES yaitu Proyek Rural Sanitation Man Power Development ( RSMD ) maka terjadi pengembangan pendidikan di APK untuk mengutamakan dalam bidang teknologi Sanitasi, sehingga terjadi perubahan nama menjadi APK-TS (Teknologi Sanitasi), dengan terbitnya SK Menkes Nomor : 095/MENKES/Per/II/1990, tentang Organisasi dan Tatakerja APK-TS.

Tahun 1992, berubah menjadi PAM-SKL ( Pendidikan Ahli Madya Sanitasi Kesehatan Lingkungan) dengan SK MENKES Nomor : 14/Menkes/SK/I/1992 tentang Pembentukan 27 PAM-SKL di Lingkungan Departemen Kesehatan RI.

Tahun 1993, PAM-SKL berubah menjadi AKL ( Akademi Kesehatan Lingkungan), dengan terbitnya SK Menkes Nomor : 0533/Menkes/Per/VII/1993, tentang Organisasi dan Tata Kerja AKL, yang diakui eksistensinya oleh MENPAN dan MENDIKBUD.

Status institusi, Akademi Kesehatan Lingkungan Surabaya, adalah institusi Jenjang Pendidikan Tinggi, dengan program pendidikan Diploma-III milik Departemen Kesehatan RI. Menurut hasil akreditasi yang dilakukan oleh Pusdiknakes Depkes RI, AKL Surabaya tergolong dalam klas A dengan nilai 93,25.

Tahun 2001, nama Akademi Kesehatan Lingkungan Surabaya berubah menjadi Program Studi Kesehatan Lingkungan Surabaya, Jurusan Kesehatan Lingkungan Politeknik Kesehatan Surabaya sesuai Keputusan Menteri Kesehatan No. 1207/Menkes/SK/XI/2001 tanggal 12 Nopember 2001.

LAHAN KERJA LULUSAN:
1. Rumah sakit pemerintah maupun swasta, sebagai pengelola Program
Sanitasi Rumah sakit
2. Dinas Kesehatan, Kemenkes RI
3. TNI (AD, AU, AL) dan Polri
4. Kantor Kesehatan Pelabuhan (laut dan udara)
5. Bagian/ Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan,Tata kota PEMDA
6. Industri sebagai pengelola program kesehatan lingkungan dan penyehatan
kawasan industri, Pengelolaan Hygiene Perusahaan dan Kesehatan Kerja (K.3)
industri, Instalasi Pengolahan Air Limbah, dll
7. Pengolahan air di PDAM
8. Perhotelan dan Kawasan Pariwisata Pengelola Program Kesehatan, kesehatan
lingkungan dan Sanitasi termasuk pengendalian vektor/ hama
9. Laboratorium Lingkungan (BBTKL, Lab. Kes. BPOM, dll)
10.Perusahaan-perusahaan : Pengendalian hama (Pest Control), Air minum dan
air kemasan, makanan, minuman, dll
11.Peneliti Bidang Kesehatan dan Teknologi Lingkungan (P4TK, BATAN, LIPI, BPPT, dll)
12.Lembaga-lembaga non pemerintah dalam bidang pengelolaan dan pemantauan lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>