Wisuda dan Angkat Sumpah Lulusan Ahli Madya Kesehatan dan Sarjana Terapan Kesehatan Poltekkes Kemenkes Surabaya

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Surabaya menggelar wisuda ke-19. Wisuda yang diikuti 1.657 wisudawan dari 7 jurusan dan 22 program studi ini, digelar secara daring karena dalam situasi pandemi COVID-19.

Direktur Poltekkes Kemenkes Surabaya, Bambang Hadi Sugito mengatakan, wisuda daring tersebut sesuai dengan instruksi Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kementerian Kesehatan. Dalam instruksi itu diterangkan bahwa semua kegiatan wisuda perguruan tinggi harus digelar daring.

“Sesuai dengan protokol kesehatan bahwa tidak boleh ada kegiatan yang menyebabkan kerumunan, sehingga kami akan menggelar wisuda secara online,” kata Bambang, Kamis (24/9/2020).

Wisuda digelar di auditorium Poltekkes Kemenkes Surabaya, dan hanya dihadiri direktur, wakil direktur, ketua jurusan dan empat perwakilan mahasiswa yang tetap menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan seluruh wisudawan lainnya hanya mengikuti dari rumah masing-masing.

Dalam sambutannya, Bambang menjelaskan bahwa wisudawan yang nantinya akan menjadi tenaga kesehatan mempunyai tantangan tersendiri, dalam mengaplikasikan ilmunya di tengah masyarakat. Sebab, saat ini para wisudawan yang lulus berhadapan dengan situasi pandemi COVID-19.

“Dengan bekal ilmu yang sudah dimiliki, wisudawan sudah siap untuk terjun ke masyarakat dan memberikan sumbangsih nyata ke masyarakat. Khususnya dalam hal yang terkait dengan bidang kesehatan dan penanggulangan penyebaran COVID-19,” terang Bambang.

Tak lupa, Bambang turut mengucapkan selamat atas kelulusan para wisudawan dan orang tua masing-masing. Ia berharap setelah lulus ini, pandemi bisa segera berakhir dan para wisudawan bisa langsung menerapkan ilmunya dalam dunia kerja.

“Kami mengucapkan selamat kepada mahasiswa dan orang tua wisudawan yang telah lulus dan berhasil menjadi ahli madya dan sarjana terapan. Kami berharap wisudawan bisa segera mengamalkan ilmunya di dunia kerja dan wabah COVID-19 ini cepat berakhir,” imbuh Bambang.

Rincian wisudawan yang lulus dari Poltekkes Surabaya yakni 398 mahasiswa Jurusan Keperawatan, 423 jurusan Kebidanan, 206 Jurusan Kesehatan Lingkungan, dan 108 Jurusan Teknik Elektromedis. Selanjutnya juga ada 206 Jurusan Keperawatan Gigi, 217 Jurusan Teknologi Laboratorium Medis (TLM) dan 99 dari Jurusan Gizi.

Selain itu, Poltekkes Surabaya turut memberikan penghargaan bidang akademik terbaik peringkat pertama tahun 2020. Penghargaan diberikan kepada 34 mahasiswa, dengan peraih nilai tertinggi yaitu Siti Halimah dari Prodi Sarjana Terapan Kebidanan dengan IPK 3,94. Sedangkan untuk non-akademik diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi baik dari skala nasional maupun internasional.

Sumber : https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5187130/1657-wisudawan-poltekkes-surabaya-ikuti-wisuda-daring/2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *